Senin, 01 Desember 2014

Kuliner Khas Boyolali

1. Nasi Urap Sambal Tumpang di Warung Soto Nggoper Boyolali
Nasi Urap di Warung Soto Nggoper Boyolali beserta aneka lauknya
Jika membaca judul di atas anda pasti menangkap hal yang aneh, di warung soto kok makannya sambal tumpang? Tapi memang begitulah adanya. Meski menggunakan nama warung soto, tempat ini juga menyediakan menu nasi urap (sega gudhang) dan sambal tumpang (orang Boyolali menyebutnya sambal lethok) yang popularitasnya bahkan mengalahkan menu sotonya.
Urap khas Boyolali (orang Jawa menyebutnya gudhangan) terasa istimewa karena di atasnya ditambahkan taburan bubuk kacang yang memunculkan citarasa khas nan sedap. Bubuk kacang tersebut dibuat dari kacang goreng yang digiling kasar dan biasanya dibumbui gula pasir, garam, jeruk purut,kencur dan bawang putih. Ketika dicampur, rasa manis-gurih dari bubuk kacang berpadu sempurna dengan urap sayuran yang bumbunya dari kelapa parut. 
Berbagai pilihan lauk di Warung Soto Nggoper Boyolali
Mentho khas Boyolali yang terbuat dari parutan kelapa dan kacang tanah / kacang tolo. Digoreng garing, hingga terasa renyah sampai bagian dalam. Di tempat lain makanan ini mungkin disebut Lentho
Nasi urap sangat cocok jika disantap dengan ikan wader (ikan sungai berukuran kecil) yang digoreng garing. Selain itu, masih ada banyak ragam lauk yang bisa anda pilih semisal ayam goreng, lele goreng, cingur sapi, empal daging, hati-ampela ayam, babat, iso, paru, telur ceplok, dll. Di meja makan juga tersedia banyak macam gorengan seperti mentho, bakwan, tahu, sosis Solo, dsb.
Jika ingin mencoba menu yang lebih unik, anda bisa menggabungkan nasi urap dengan sambal tumpang yang disiramkan di atasnya. Jadilah menu fusion nasi urap sambal tumpang atau sega gudhang sambal tumpang yang menggugah selera. Sambal tumpang (atau sambal lethok) Boyolali memiliki kuah yang lebih kental daripada sambal tumpang versi Salatiga. Isiannya pun hanya menggunakan tahu, tidak ada daging, koyor, ataupun bahan hewani lainnya. Untuk lauknya anda bisa menambahkan irisan empal, paru, atau yang lainnya sesuai selera anda.
Nasi Urap Sambal Tumpang di Warung Soto Nggoper Boyolali. Menggunakan lauk irisan empal daging dan ikan wader goreng
Racikan Soto Nggoper yang siap saji
Lokasi Warung Soto Nggoper Boyolali
Betapapun istimewanya nasi urap sambal tumpang, alangkah tidak adil kalau kita mengabaikan soto yang menjadi menu utama warung ini. Soto di Warung Nggoper adalah jenis soto ndeso yang menggunakan kuah kaldu tipis dan isian minimalis. Rasanya segar dan ringan di lidah. Soto daging sapi ini cocok disantap dengan lauk mentho, sate telur puyuh, sate hati-ampela, atau aneka gorengan yang tersedia di sepanjang meja. Porsinya terbilang kecil sehingga tak akan terlalu membebani lambung di pagi hari.
Warung Soto Nggoper juga menyediakan menu minuman yang bergizi dan menyegarkan: susu sapi segar. Anda bisa memesannya sehingga bisa makin meresapi pengalaman kuliner di Boyolali yang dikenal sebagai sentra penghasil susu sapi di Jawa Tengah.
Jam buka: pagi – sore
Lokasi: Jl. Sendang Lawe, Karanggeneng – Boyolali. Sebelah Timur Pasar Sunggingan (yang ada patung sapinya), tidak jauh dari lokasi Soto Seger Mbok Giyem 1


2. Bebek Goreng Pak Pinggir Boyolali
Bebek Goreng & Ayam Kampung Goreng Pak Pinggir - Pengging Boyolali
Bebek Goreng & Ayam Kampung Goreng Pak Pinggir – Pengging Boyolali
Selama ini kuliner Boyolali lebih identik dengan soto dan sambal lethok (sambal tumpang khas Boyolali). Tapi ternyata ada juga warung makan di Boyolali yang menawarkan hidangan bebek goreng dan ayam kampung goreng berkualitas juara. Nama warungnya adalah Bebek Goreng Pak Pinggir. Lokasinya ada di Jl. Perintis Kemerdekaan, jalur yang dilalui bus antar kota dari arah Solo, dekat dengan Stadion Sonolayu. Warung ini adalah cabang dari Bebek Goreng Pak Pinggir yang terkenal di Pengging.
Sepertinya warung ini belum terlalu lama buka, namun tak sulit untuk menarik pelanggan karena merek ‘Bebek Pak Pinggir’ memang sudah banyak dikenal di Boyolali. Jika datang terlalu sore bersiaplah untuk tidak kebagian bebek gorengnya yang istimewa karena penggemarnya sangat banyak. ‘Bebek Pak Pinggir’ terasa begitu empuk dan sama sekali tidak ada bau anyir yang bisa meruntuhkan selera makan. Bumbunya meresap ke dalam serat-serat dagingnya namun tak terasa berlebihan. Komposisi bumbunya pas di lidah.
Warung Bebek Goreng Pak Pinggir Cabang Boyolali di Jl. Perintis Kemerdekaan
Warung Bebek Goreng Pak Pinggir Cabang Boyolali di Jl. Perintis Kemerdekaan
Selain bebek, warung ini juga menawarkan menu ayam kampung goreng yang kualitasnya pun boleh dipuji. Daging yang cenderung keras dan alot khas ayam kampung tak akan anda temukan disini. Ayamnya empuk dengan rasa gurih yang dominan. Sebagai pelengkap andapun bisa memesan hati ampela dan bagian kepala.
Satu-satunya yang kurang terasa mantap barangkali adalah sambalnya. Bagi penyuka pedas sambal bawangnya kurang begitu nendang. Sementara sambal gorengnya pun level pedasnya terlalu jauh di bawah dan rasanya seperti kurang bisa menyatu dengan bebek atau ayam kampung goreng yang gurih. Lalapannya cukup lengkap, ada mentimun, kemangi, kol, dan daun pepaya rebus yang rasanya tidak pahit.
Warung cabang Bebek Goreng Pak Pinggir -Pengging ini tempatnya terbilang luas dan nyaman. Anda bisa memilih duduk di meja ataupun lesehan. Lokasinya pun strategis dan mudah ditemukan. Jika berkunjung atau kebetulan melewati Boyolali, silakan buktikan sendiri keistimewaan Bebek Goreng Pak Pinggir, baik di tempat aslinya di Pengging atau di cabangnya di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 7.

Lokasi: Jl. Boyolali-Solo KM 5, Randusari – Boyolali (0276) 3294040
Cabang Boyolali: Jl. Perintis Kemerdekaan No. 7, Boyolali. (Kalau dari arah Solo ambil jalur bus ketika masuk Boyolali)

3. Soto Seger Mbok Giyem Boyolali
Soto Seger Mbok Giyem Boyolali
Soto Seger Mbok Giyem mempunyai kedudukan penting dalam peta kuliner Boyolali. Boleh dibilang ia adalah penanda kebangkitan usaha kuliner di Boyolali. Kemunculannya seolah menggairahkan kembali dan makin menyemarakkan dunia kuliner di kota kecil ini.
Soto Seger Mbok Giyem mampu menarik banyak pelanggan baik dari dalam maupun luar kota. Alhasil di dekat warungnya pun mulai banyak bermunculan penjual makanan seperti bubur sambal lethok (sambal tumpang khas Boyolali), bakso, susu segar, bothok, steak, dsb. Warung-warung makan yang sudah lama berdiri pun turut bergairah kembali.
Sebelum kemunculan Soto Seger Mbok Giyem, sangat sulit untuk menemukan tempat jajan yang enak di Boyolali. Dulu yang terkenal barangkali hanya Soto Rumput dan bubur tumpang Mbah Merto di dekat terminal. Tapi sekarang pilihannya sudah semakin banyak, bahkan kalau malam ada banyak warung tenda yg menjajakan bubur tumpang, opor, kare ayam, susu segar, dsb.
Soto daging sapi Mbok Giyem
Lantas apa yang istimewa dari soto ini? Soto Seger memiliki kuah bening yang rasanya gurih dan menyegarkan, sesuai dengan namanya. Disini tersedia soto ayam dan soto daging sapi, tapi yang paling populer adalah soto sapinya. Soto disajikan dalam mangkuk kecil dengan isian daging sapi/suwiran ayam, kecambah, ditambah taburan daun seledri dan bawang merah goreng. Untuk soto ayam biasanya ada tambahan keripik kentang di dalamnya.
Sate babat dan makanan kecil lainnya di Soto Seger Mbok Giyem
Makan soto di warung ini makin istimewa karena di meja anda akan menemukan deretan panjang makanan kecil / lauk pendamping untuk soto. Ada sate ayam, sate kikil, sate babat, Sate paru, sate udang tepung, sate cingur, sate telur puyuh, sate uritan, sate hati-ampela ayam, dan berbagai macam gorengan seperti tempe goreng, mendoan, tahu bakso, bakwan sayur, sosis Solo, mentho (makanan kecil khas boyolali yang terbuat dari kacang, singkong, dan kelapa), dll. Tempe gorengnya enak, sangat renyah sampai ke dalam.
Sate uritan di Soto Seger Mbok Giyem
Sate paru dan kikilnya sangat mantap, potongannya cukup besar dan empuk. Begitu juga sate uritan yang sangat cocok dimakan sebagai pendamping soto. Dengan kesegaran soto dan pilihan lauk yang sangat melimpah seperti ini, satu mangkuk soto saja rasanya masih kurang.
Warung Soto Seger Mbok Giyem 1 di Jl. Garuda, Boyolali
Warung Soto Seger Mbok Giyem Jl. Pandanaran, Boyolali
Di Boyolali, Soto Seger Mbok Giyem memiliki kurang lebih empat cabang. Warung yang pertama kali berdiri ada di Jalan Garuda, sebelah Selatan Pasar Sunggingan. Lokasinya agak masuk ke dalam, kurang lebih 20 m dari jalan raya. Dua cabang lainnya ada di Jalan Pandanaran, jalan utama di Boyolali, sehingga mudah ditemukan. Cabang yang satunya lagi ada di seberang RSU Pandan Arang. Soto Seger Mbok Giyem juga sudah membuka cabang di Solo, lokasinya dekat Lottemart.

Jam buka: 06.00 – 18.00 (jam buka bervariasi tergantung cabangnya). Kalau yang di Jl. Pandanaran siang hari biasanya sudah habis.
Lokasi:
  • Warung Soto Seger Mbok Giyem Boyolali 1: Jalan Garuda, selatan Pasar Sunggingan (yang ada patung sapinya). Warungnya berhadapan dengan SDN 5 Boyolali
  • Warung Soto Seger Mbok Giyem Boyolali 2 & 4: Jalan Pandanaran. Warungnya cukup besar dan tepat berada di pinggir jalan.
  • Warung Soto Seger Mbok Giyem Boyolali 3: Seberang RSU Pandan Arang Boyolali.

4. Jenang Pecel Khas Boyolali
Jenang Pecel khas Boyolali
Jenang pecel adalah semacam modifikasi dari pecel sayuran pada umumnya. Pecel tidak lagi disajikan dengan nasi, melainkan dengan jenang. Jenang yang dimaksud disini sebenarnya adalah bubur sumsum (yang terbuat dari tepung beras). Untuk komponen pecelnya sama saja, terdiri dari aneka macam sayuran rebus yang kemudian diguyur dengan sambal kacang. Anda akan menemukan sensasi rasa yang unik ketika pecel yang teksturnya kaya berpadu dengan bubur sumsum yang lembut dan lumer di mulut.
Jenang pecel ini adalah makanan tradisional khas dari Boyolali, tapi sayangnya sekarang sudah makin susah ditemukan. Jenang pecel biasanya dijajakan di warung-warung kecil yang ada di perkampungan penduduk, namun ada juga penjual keliling yang pakai gendongan. Terasa makin sedap ketika disajikan di atas pincuk, alas makan dari daun pisang. Makanan yang merakyat, enak dan murah meriah.
Kalaupun sulit untuk menemukan penjual jenang pecel, jangan berkecil hati karena anda bisa membuat sendiri di rumah. Caranya tidak begitu sulit, bahannya pun sederhana dan mudah didapat. Berikut ini adalah resepnya:
Bahan-Bahan:
  • Aneka macam sayuran. Ini tergantung selera anda, tapi beberapa yang biasa dipakai adalah bayam, tauge/kecambah, daun adas (khas Boyolali), daun kenikir, wortel, dan kacang panjang. Kalau ada kecipir atau bunga turi oke juga ditambahkan. >> Sayuran direbus dan tiriskan.
  • Sambal kacang >> bila ingin praktis bisa beli yang sudah jadi, ada banyak di pasaran. Kalau ingin buat sendiri bahan-bahannya adalah: jeruk purut 1 ruas jari; kencur 1 ruas jari; bawang putih 1 siung; cabe sesuai selera; gula jawa secukupnya tergantung selera manis; kacang tanah goreng 2 ons; air asam jawa secukupnya.
  • Bahan untuk bubur sumsum: tepung beras (4-5 sdm); tepung maizena (3 sdm); air secukupnya; santan (1 gelas kecil); dan garam secukupnya. Bahan (kecuali santan dan garam) dicampur semua dalam air, kemudian rebus. Garam dan santan dimasukkan terakhir. Waktu membuat harus diaduk terus agar tidak menggumpal. Kalau sudah tidak begitu lengket baru diangkat.
Cara penyajiannya: ambil bubur sumsum secukupnya dalam piring. Tata sayuran dia atas bubur lalu siram dengan sambal kacang. Nikmat disantap dengan tempe mendoan atau kerupuk.
 


 

1 komentar:

  1. Sotonya Terasa Lebih nikmat dimakan waktu pagi,dimakan pake krupuk makin lahap.
    pengen nyoba juga sotonya.

    BalasHapus